Jumat, 23 Oktober 2015

EMAIL CLIENT 

Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.
Pengertian Email client adalah software yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Email Client biasa disebut juga sebagai Oulook Express.
Email client ini sangat sering digunakan sebab ia sudah tersedia langsung dalam Windows. Konfigurasi dan penggunaannya pun cukup mudah, cukup lewat control panel atau Internet Explorer. Bisa dibilang Outlook Express ini adalah format standar e-mail client. File extension-nya adalah EML. Dilengkapi dengan menu export dan import membuatnya mudah untuk dipindahkan ke email client lainnya.
Namun, jika digunakan untuk urusan bisnis, Outlook Express ini dirasa kurang sekali. Ia tidak terintegrasi dengan software-software lain seperti messenger contohnya Skype, pdf reader and creator seperti Nitro PDF maupun antivirus seperti AVG Error handlingnya-pun kadang msih suka naik turun, utamanya jika berurusan dengan delivery status message. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, harus di-convert dulu.
Kadang kala, istilah Email client juga digunakan untuk mengacu pada agen yang bekerja sebagai client terhadap sebuah e-mail server, dapat berupa MUA, kadang kala berupa server untuk relay e-mail, atau manusia yang menulis langsung menggunakan terminal dan program telnet. Kadang kala, aplikasi Web yang mempunyai fungsi yang relevan dengan e-mail sering kali di anggap sebagai Email client juga.
manfaatnya
Keunggulan menggunakan web mail adalah. kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail. kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo.
Sedangkan keunggulan menggunakan software email client adalah. kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengceknya secara manual. semisa microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline.

PENGERTIAN Mozilla thunderbird adalah aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya. Thunderbird ini adalah salah satu produk turunan dari Mozilla. Pada awalnya Mozilla selalu mengemas aplikasinya dengan Browser + Mail Client. Namun, Mozilla mencoba memecah produknya dan membuatnya jauh lebih menarik dan ringan. Project Browsernya bernama: FireFox, dimana Project Mail Client-nya bernama: Thunderbird.
cara menge-link e-mail di mozilla thunderbird :
1. Jalankan Mozilla Thunderbird yang telah anda download dan instal sebelumnya.
2. Masukkan Nama anda (agar diketahui orang lain), e-mail dan password (sesuai password email anda).
Gambar
3. Setelah membuat akun /  menge-link akun kita, klik write.
Gambar
4. Masukkan e-mail tujuan, tulis subjeknya dan isi e-mailnya.
5. Klik send untuk mengirim e-mail tersebut.
Gambar


Pengertian dan Fungsi Microsoft Outlook Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Microsoft Outlook Express.
Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.
 Ada 2 macam versi dari Outlook yaitu Microsoft Outlook Express dan Microsoft Outlook. Microsoft Outlook Express adalah versi kecil dari Outlook yang pertama kali dirilis dengan Windows 98
. Microsoft Outlook tidak hanya bisa digunakan di PC/Komputer saja, melainkan disemua perangkat windows. Contohnya Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke smarthone, Ada juga add ons tambahan yang bisa menghubungkan Outlook dengan Blackberry dan perangkat handphone lainnya.
 Fungsi / Kegunaan Microsoft Outlook Sebagai aplikasi pengelola email, microsoft office outlok memiliki manfaat sebagai berikut Untuk membaca email secara offline Untuk mengirim email dengan cepat Untuk memcadangkan email di PC Untuk melakukan penjadwalan Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat)
 Kelebihan Microsoft Outlook Microsoft Outlook memiliki keunggulan sebagai berikut Memiliki tampilan yang simpel dan elegan Memiliki fitur undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan Dapat terhubung dengan social media Diberikan kapasitas SkyDrive sebesar 7GB Dapat mengedit dokumen office di SkyDrive secara langsung Dapat memisahkan email masuk sesuai kategori yang diinginkan Memiliki sistem pembersih spam yang handal Dapat sinkronisasikan dengan smartphone Dapat digunakan untuk melakukan video call dengan Skype 
Cara Menggunakan Email dengan Microsoft Outlook Pertama anda harus memiliki email terlebih dahulu. Buat email anda segera di outlook.com . Setelah itu anda bisa membeli atau mendownload aplikasi Microsoft Outlook. Install aplikasinya di komputer anda, buka lalu ikuti langkah langkahnya. Jika anda diperintahkan untuk login maka loginlah dengan menggunakan akun email yang telah anda buat sebelumnya. Untuk login, anda harus terkoneksi dengan internet. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar